ENNEAGRAM ??

Kata Enneagram berasal dari bahasa Yunani ennea berarti sembilan dan grammos berarti sesuatu yang digambarkan. Asal usulnya tidak dapat ditelusuri, namun diketahui sudah digunakan oleh kelompok sufi Timur Tengah. Tes ini dikembangkan oleh Oscar Ichazo (Psikolog kelahiran Bolivia) dan Claudio Naranjo (Psikiater kelahiran Chili) pada tahun 1950-an dan didasarkan pada pengajaran G.I.Gurdjieff. Kesembilan jenis kepribadian ini digambarkan dalam diagram yang masing-masing kepribadian saling memiliki hubungan. Saat ini ada banyak ahli teori psikologi yang memiliki penafsiran yang bervariasi terhadap tes Enneagram ini. Tes Enneagram ini juga merupakan salah satu tes kepribadian yang paling banyak dipakai di dunia setelah tes kepribadian MBTI. Apa kegunaan Enneagram? Eneagram mengajarkan kepada umat manusia untuk lebih mengenal diri dan sesamanya. Sembilan watak dalam eneagram: peacemaker, perfectionist, helper, achiever, romantic, observer, questioner, adventurer dan asserter. Dengan memahami enneagram kita akan dengan mudah mengidentifikasikan diri sendiri dan orang-orang sekitar Enneagram (Br.Michael Poedyartana. Fic). Renee Baron dan Elizabeth Wagele, lewat buku yang berjudul enneagram, berusaha untuk menjelaskan kesembilan tipe tersebut agar lebih mudah dimengerti.

Ringkasan kesembilan pola pada enneagram, dapat digambarkan seperti berikut:
  1. Reformer / Perfeksionis.
  2. Giver / Helper
  3. Achiever/ Motivator/ Performer
  4. Romantic / Artist/ Individualist
  5. Observer / Thinker / Investigator
  6. Loyalist / Pessimist
  7. Generalist / Optimist / Adventure
  8. Challenger/ Leader / Boss/ Protector/ Intimidator
  9. Peacemaker / Mediator/ Accomodator
Setiap individu pasti memiliki pribadi salah satu dari tipe diatas yang lebih dominan, kecenderungan akan bersosialisasi dalam hubungan yang ada dalam satu lingkaran enneagram.  

Untuk lebih mengenal diri dan sesamanya, sembilan watak dalam eneagram ini ada instrument yang bisa mengatahui kita termasuk tipe kepribadian mana yang dominan dalam hubungan lingkaran enneagram tsb.

Boleh juga tuh di COBA Tes Enneagramnya, KLIK aj dibawah ini !!!
TES ENNEAGRAM 3

2 comments:

nephoy said...

komentarku ga banyak emg bnr dlm dr kita pasti terdapat salah satu dr 9 watak yg tlh disebutkan td.tp jg dpt menimbulkan sebuah pertanyaan jika dlm dr qt terdapat 2 watak apa mgkn?jika mgkn berarti qt punya 2 kepribadian dong dhl watak kita menggambrkan kepribadian kita?

TryMedi@Kons said...

Sippp....!!
Skrg da mnemukan instrumentnya neh..
Wajib coba tuh....:)